Tuesday, October 21, 2014

Weaning from breastfeeding

31 hari udah Francine brenti nyusu. Jadi sbenernya brenti nyusu itu waktu 16mo.

Kalo ditanya kenapa aku brentiin Francine nyusu?
  • Nyusu cuma buat ngempeng doang. Dan mesti nyusu biar bobo.
  • Suka kebangun 5-6x setelah tidur malem. 
  • Puting lecet! Hihihi... ini lebih ke guenya sih yak. Hahaha... 
Sbenernya ada salahnya gue juga sih. Gue tuh ngga disiplin buat ng-ASI-nya. Gue ngga atur waktu nyusunya. Tiap kebangun, nangis, langsung gue susuin. Yang akhirnya jadi kebiasaan, nyusu sampe ketiduran. Dan kalo kebangun malem, Francine ngga bisa bobo lagi kalo ngga sambil nyusu. *sigh* 

Setelah ngobrol ama Arie, sepakatlah kita buat brentiin nyusu. Sebenernya sih, Francine udah sering bobo siang tanpa nyusu. Karna dari 12 bulan dia udah dibiasain minum UHT. Cuma yang malem ini loh yang susah banget. 

Proses brentiinnya juga ngga smooth-smooth amat awalnya. Seminggu pertama, tiap malem mo bobo, Arie gendong Francine. Reaksinya? Nangis sediiiihhh banget pake berontak-berontak sambil liatin gue. 

Sedihnyaaaaa :'(

Trus tengah malem Francine bisa kebangun 4-5x sambil nangis dikit sambil guling-guling cari posisi. Begitu dapet posisi enak, bobo lagi.

Begitu terus sampe akhirnya setelah 2 mingguan disapih, Francine-Mamam-Papap bisa tidur malem dengan tenang. Horeeeee 

*tembak confetti* 
*kebangun lagi dong* 

;)))


Sempet ya, gue sendiri nangis liat Francine nangis-nangis minta nyusu. Ngga tega. Cuma Arie bilang ya mesti ditega-tegain, kalo engga ya ngga bakal berhasil nyapihnya. Hiks.

Kalo reaksi orang-orang sekitar sih, pro-kontra ya. Ada yang bilang kasian, harusnya sampe 2 tahun. Ada yang bilang gpp. Ya gue sih nyengir-nyengir-bodo-amat aja ya kalo sama yang kontra. Lagian biarin aja siiihh anak gue ini mo gue kasih apa keq, serah dong ah.
Hahahaha.... 

Ohya, pas nyapih ini, penting banget punya suami. Hahaha... Karna suami gue deh tuh yang gendongin, nenangin, bangun tengah malem, gendong & nenangin Francine (lagi). Hehehe. Yang lebih penting lagi selain punya suami adalah : SUAMINYA YANG BAIK HATI! Hohoho... Love you, Arie. Bobo-bobo-cantik yuk! #eh

;)))  

2 comments:

  1. Kalki juga udah berhenti nyusu, nih... hehe tapi karena ada adiknya

    ReplyDelete
  2. Hihihi... iyaaah aku baca di blog kamu. Aku komen kalo ngga salah, ngga tau deh ke-publish apa engga tuh ya. Hehehe. Anyway, congrats yaa. Sehat-sehat terus MamaKalki :)

    ReplyDelete