Saturday, April 18, 2015

Drama Bikin Passport Buat Francine

Emang smua kalo dadakan itu bikin ri to the bet. Baru kejer-kejeran bikin passport Francine itu seminggu sebelum brangkat.

Udah googling sana sini gimana kalo mo buat passport for toddler. Dapet pencerahannya dari blognya Mbak Leony ini. Koq keqnya gampil ya, hehehe. Ya udah mutusin buat daftar online aja. Kayaknya lebih gampang buat paspor anak kalo pake website.

Tengah malem hari Senin kira-kira jam 12an, langsunglah buka webnya imigrasi. Pas milih Imigrasi Jakarta Timur, gue cuma liat sekilas ((SEKILAS!!!)) jadwal wawancara dan fotonya saking udah ngantuk. Itulah kesalahan gue. Liat sekilas ada jadwal Senin, tanggal sekian sekian. Dalem hati girang karna ngga nyangka bisa dapet wawancara hari Senin itu juga. Langsunglah gue isi smua. Dan dapet email dari Imigrasi. 


YAK!! Jam 00.57 email konfirmasinya. 

Besok paginya jam 8 gue udah di BNI 46 buat bayar biaya passportnya. Lega karna masih sepi. Gue bayar Rp 360.000,- dan dikasih bukti pembayarannya. Staff BNi kasih tau untuk buka email lagi untuk terusin proses pendaftarannya dan nanti untuk masukkin nomor jurnalnya buat dapetin jadwal wawancara. 

Okeh. Gue buru-buru ngelanjutin ngisi online nomer jurnalnya di mobil, dan pas di bagian pilihan wawancara, JRENG JRENG.... Seninnya itu SENIN MINGGU DEPAN!!! 

***krik - krik - krik***

Mati gaya gue. Bingung. Teros ini gimanee?? Akhirnya telpon Arie. Arie bilang ke Imigrasi aja deh liat gimana disana. Yawda brangkatlah ke Imigrasi Jakarta Timur. 

Di tempat ngambil nomer, petugasnya tanya mau bikin passport untuk siapa, gue bilang untuk Francine (yang lagi gue gandeng). Petugasnya ngelirik Francine trus minta email konfirmasi pendaftaran online. Gue kasih tau kondisinya, petugas imigrasinya bilang, ngga akan bisa diproses hari ini. Jadi tetap harus datang Senin depan. Gue tanya kalo mau hari ini gimana karna perlu passportnya selesai hari Kamis. Secara Jumat libur Jumat Agung kan. Tetep sih disuruh dateng besok aja karna katanya untuk hari itu udah habis nomer antrian. Dan itu berarti passport selesainya Senin depannya. 

Gue ngga hilang akal, gue tetep naik ke lantai atas. Mo nyari customer service ajalah gue pikir. Siapa tau bisa bantu. Jawabannya sama aja ama petugas dibawah. Ditambah lagi pembayaran online ngga bisa dipakai untuk pembayaran walk-in. Jadi kalau mau daftar walk-in, bayar lagi. Yang online jadinya hangus. Yaaahhhhh... 

Karena udah mentok dan otak gue rasanya udah berasep, gue ajak Mama & Francine pulang. Otak gue udah berasep bener rasanya. Sebelum pulang, mampir makan dulu. Kalap makan babi panggang di Marpadotbe Rawamangun. Kalo lagi galau, gue makannya jadi banyak. Hahaha, alesan. Abis makan babi koq ya jadi bisa mikir. Gue inget pernah baca kalo buat anak itu ada prioritas. TRIIINGGG! Ada harapan! Gue balik dong ke Imigrasi lagi. 
**Memang bener ya, makan babi adalah jawaban. Hihihi**
Nyampe imigrasi, Francine lagi bobo. Biasa kaaann, kalo kena babi, bawaannya langsung pengen tidur. Ya begitulah anak gue :))) Jadi Mama sama Francine tunggu di mobil dulu. 

Gue balik ke tempat ambil nomer dan minta nomer antrian untuk bayi, petugasnya bilang, kenapa ngga bilang dari tadi, karna skarang udah habis. Gue jadi rada nyolot. Gue bilang kan tadi gue bawa anak gue, dan si bapak itu liat juga kan si Francine gandengan ama gue. Bapak itu tetep bilang ngga bisa, besok dateng lagi aja. Duh keselnya. Gue bilang kalo gue perlu hari ini. Akhirnya gue disuruh nemuin salah satu atasannya. Kita sebutlah atasannya itu, Bapak A. Gue naik, ketemu Bapak A. Gue jelasin kondisinya. Ditanyain apa gue bawa semua dokumen, gue bilang bawa kecuali passport gue. Bapak A bilang ngga apa-apa ngga ada passport gue. Bapak A cek smua dokumen gue, dan akhirnya dikasih dong nomer buat wawancara dan foto. HORREEE...

Udah? BELOM! Masih drama lagi abis foto. Hih!

Di meja pendaftaran yang meriksa dokumen, petugasnya pada menatap curigesyen gitu ke gue. Mungkin karna nomer antrian gue itu tertulisnya jam 8 pagi. Dan gue disitu jam 1 siang. Ya gue bilang apa adanya. Kalo gue dapet nomer dari si Bapak A. Petugas pendaftaran masalahin tentang passport gue yang ngga gue bawa itu. Setelah kasak kusuk ama temennya, akhirnya  petugasnya nyuruh tunggu untuk proses foto. 

Proses foto sebenernya ngga lama. Yang jadinya bikin lama itu, karna petugas fotonya nanya passport gue lagi. Ya gue bilang, kalo menurut Bapak A enggak apa-apa gue ngga bawa. Petugasnya minta harus ada. Gue bilang ya udah disusulin aja deh besok. Dibilangnya kalo besok ya prosesnya besok, jadi passport kelarnya Senin. Idiiihhhh, gue bete bener deh. Ngapain susah payah begini sih kalo jadinya Senin-Senin juga yakan. Gue bilang ngga bisa, karna gue mesti brangkat Minggu. Udah beli tiket. 
**Tiket ferry Batam-Singapore maksudnya, hahahaha...** 
Ya udah akhirnya foto. Kelar foto kan harusnya langsung dikasih selembar kertas yang isinya barcode buat bayar biaya passport, nah gue engga dikasih. Gue disuruh tunggu. Kelar foto itu jam 2. Dan gue baru dikasih lembar barcode itu jam 3.45 dengan note kalo harus bayar hari itu juga kalo mau ambil hari Kamis. JRENG. BNI kan tutup jam 4 tuhye. Dan otak gue langsung muter, dimana BNI paling deket. 

Ngebut ke BNI Rawamangun. Nyampe jam 4.06 dan satpamnya bilang teller udah tutup. Gue mohon-mohon dibantu. Satpamnya bantuin nanya tetep ngga bisa. Ih mo nangis deh. Gue melas-melas lagi, akhirnya satpamnya sendiri loh yang bantuin. Puji Tuhan. Gue kasih uangnya 360ribu dan gue nunggu dibawah. Ngga nyampe 5 menit, satpamnya udah balik. Gue udah nyengir lebar aja sampe satpamnya minta maaf dan balikin uang gue. Dia bilang kalo pembayarannya ngga bisa diproses karena barcode pembayarannya ngga ada di system. 

D  O  D  O  O  O  O  O  O  O  L  L  L  !!!

Kesel banget gue. Asliiiiiii! Gue balik dong ke Imigrasi. Mo nuntut penjelasan petugas foto dan wawancaranya itu. **eaaaaa** Nyampe Imigrasi, smua petugas lagi meeting, kecuali satu Bapak di ruangan foto wawancara. Dia nanya ada perlu apa. Gue bilang kalo barcode pembayaran koq bisa ngga ada di systemnya BNI. Dan dengan sepa'nya si Bapak itu bilang makanya lain kali online aja kalo bikin passpor, ngga usah walk-in biar ngga kayak gini. Duh rasanya pengen gue cakar tu Bapak. Ngga tau apa gue udah seharian bolak balik kayak mesin fotokopi. Pe'er. Gue tinggalin aja ngga pake ngomong lagi. Gue duduk aja di tempat foto tadi. Ibu yang wawancara-foto akhirnya dateng dan gue tanya kenapa bisa kejadian begini. Gue udah pengen nangis aja tuh saking keselnya. Ibu itu liat kali gue udah mo nangis, langsung menjawab dengan super ramah bilang bayar besoknya aja gpp. Nanti Kamis dateng, dia bantuin buat ketemu atasannya supaya bisa proses ambil passport. Ya udah gue lega. Hari Selasa gue bayar passport dan Kamis gue balik ke Imigrasi.

Gue dateng jam 10 pagi langsung disuruh ketemu atasannya. Gue ngadep atasannya, terangin kondisinya, kasih bukti dan disuruh balik jam 2 buat ambil passport. Ya udah jam 2 gue dateng lagi, nunggu 1 jam, jam 3 baru bisa ambil passportnya Francine. 

Add caption


Emang salah gue sih ya. Ngga baca bener pas ngisi pendaftaran online. Dan semua yang serba buru-buru itu emang malah bikin ribet.

Lesson learned.

No comments:

Post a Comment