Friday, April 17, 2015

Pengalaman ke DSA di RS. Elisabeth Batam

Mitnait kmaren, si Biapong badannya panas sampe 38 dan beberapa kali pupnya agak cair dari biasanya. Subuh-subuh malah jadi 39,3 dan lanjut sampe pagi dan siang. Turun bentar kalo udah dikasih Praxion. Abis itu naik lagi. Pupnya juga masih cair-cair gitu walau udah gue kasih Lacto-b. Akhirnya gue dan Arie mutusin buat ke dokter aja sorenya.

Info dari sodara, dapet nama dr. Asteria di RS Elisabeth. Katanya dokternya oke. Tapi ternyata ngga bisa daftar by phone, harus dateng langsung karena baru pertama kali berobat di RS. Elisabeth. Menurut temen kantor Arie, pasien dr. Asteria ini banyak banget, sampe temennya itu ganti DSA. Daripada bertanya-tanya, mending kita buktikan sendiri kan "katanya-katanya" ini. Cusss brangkat ke RS. Elisabeth.

Di meja pendaftaran ada mesin buat ambil nomer pendaftaran. Setelah gue pencet tombol dan dapet nomernya, gue duduk manis nunggu dipanggil. Lah koq tapi gue liat, banyak yang ngga ambil nomer dan langsung aja duduk depan mbak-mbak pendaftaran?? Gue samperin salah satu staffnya dan gue bilang mau daftar ke DSA. Gue kasih nomer pendaftaran, eh trus mbak itu pencet tombol apaaa gitu dan keluarlah suara dari halo-halo manggil nomer sebelum gue. Trus dibalikin aja dong nomer gue, dibilang, "Tunggu ya Bu, sesudah ini". Gue duduk lagi nunggu. Dan kejadian lagi dong, orang dateng langsung duduk daftar tanpa pake nomer. Nyebelin. Ya udah gue akhirnya duduk juga depan mbak-mbak pendaftaran yang selalu ngeladenin orang daftar itu. 
Bukan mbak-mbak yang sebelumnya, yang gue liat lagi sibuk bolak-balik angkat telpon. 
Oh. Mungkin dia operator, gue menghibur diri yang sebel :)))) 

Setelah isi formulir pendaftaran pasien untuk pertama kali, kirain langsung dikasih nomer buat ke dokternya. 
Ternyata BAYAR DULU :))) Wow, this is new. Heranlah gueeee... Prasaan bukannya bayar belakangan ya. 
**ah perasaan Jeung Aroom aja kaliii :)))**
Tapi ya udahlah. Bayar dulu akhirnya ke kasir. Trus balik lagi ke meja pendaftaran, kasih bukti pembayaran dokter, baru dikasih nomer urut. Abis itu nimbang berat badan Francine (yang masih aja 10 kg dong. Hiks. Susah banget naik beratnya, Sayang), dan abis itu disuruh nunggu. Gue heran (lagi), koq ngga diukur panjang/tinggi badan. Gue tanya, Susternya malah heran ngeliat gue dan bilang emang ngga diukur kalo panjang/tinggi badan. Ih kenapa ngga diukur sih? Pe'er. 

Dokter yang jadwalnya jam 18.00 dateng ampir jam 19.00. Gue sempet nanya ke Susternya, sebenernya prakteknya mulai jam berapa, emang dibilang jam 6. Gue tanya dokternya emang belum ada, jawabnya dokternya telat karena macet. 
Batam? Macet? 
Yeah right. 

Kesan pertama waktu masuk ruang periksa: kecil amat ini ruangannya :/
Tempat tidur untuk periksa pasien, nyatu sama meja dokternya. Bentuknya jadi kayak huruf L gitu. Dan tempat tidur untuk periksanya itu kayaknya cuma setengah dari tempat tidur pasien yang biasa. Jadi ngga L L amat. 
Duh gimana nyeritainnya ya?? Ya gitu deh. 
Ngerti kan? *apeeuu. hihihi*
Ada 2 kursi depan meja dokter, yang akhirnya cuma gue yang duduk sambil pangku Francine, karna kalo Arie duduk, bakalan ribet banget buat berdiri lagi kalo gue mo keluar ke arah meja periksa karena sempit. 

Dr. Asteria ngga muda tapi juga ngga tua. Bloom duduk, dr. Asteria udah nanya apa keluhannya. Dalem hati sih langsung kecetus, buru-buru amat, mo kemana Dok? Hihihi. Abis nanya-nanya, Francine diperiksa, trus ngasih tau obatnya, dan udah. Smua serba buru-buru. Kita jadi kayak ngga bisa napas dan mikir mo nanya apa lagi yaaa... Jadi banyakan lupa apa yang mo ditanyain. Tapi ada sih pertanyaan yang kita inget dijawab sama dokternya. Contohnya tentang Vaksin Varisela dan Vaksin MMR yang kosong udah lumayan lama.

Intinya smua serba kilat. Ngga tau kenapa ya, apa banyak pasien, atau karna apa, gue ngga ngerti. Yang jelas sih, kita kayak disuruh buru-buru kelar aja. Bloom lagi perawatnya yang ngga ada senyum-senyumnya. Booookkk, ini kan pasien anak-anak, senyum kenapaaaa??? Ngga ada becanda-becandanya loh waktu megang Francine. Lempeng aja. Dr. Asteria sih masih ada ngajak becanda dikit. Mungkin perawatnya kurang piknik :))))

Abis itu mo ambil obat, ke farmasi, serahin formulir dari dokter, nunggu, dipanggil lagi, DAN DISURUH BAYAR DULU (LAGIIII!!!). Baru balik lagi kasih bukti pembayaran, nunggu lagi, baru dikasih itu obat.
Ampooooonnn deh gue!
Hahahaha...

Asli kagak ada efisien-efisiennya sihhh ini rumah sakit. 
Heran.
Bolak balik - bolak balik. 
Kenapa ngga daftar, berobat, bayar dokter & obat, ambil obat, pulang, gitu siiih??
Kan kelar. 
Yang ada kejadiannya ya tumplek-blek di satu tempat deh itu smua pasien yang mo daftar, yang mo nunggu dipanggil buat bayar obat, dan yang nunggu dipanggil buat ambil obat. Kliyengan deh gue ama prosedurnya.

Yah, tapi namanya juga beda tempat ya. Smua ada aturan masing-masing. Walo buat gue sih ini rumah sakit ribet amat yak! Hahaha **teteeeup** 

Sekian pengalaman gue di RS. Elisabeth ini. Siapa tau ye, ada petinggi RS Elisabeth yang baca dan bisa memperbaiki kondisi ini. 
**SAPE LOE, WOY!** :)))
Akhir kata, semoga kita semua tetap dalam keadaan sehat sehingga tidak perlu merasakan keribetan macam ini. 
**kemudian dilempar stetoskop** 




   

   

1 comment:

  1. Jd di dr asteria nggak rekomen ya mba? Ada rekomen dsa mba? Aku baru pindah batam soalnya

    ReplyDelete