Friday, April 10, 2015

Maluku Trip (with toddler) #1

Dulu naik pesawat yang lumayan lama itu Francine masih 8 bulan, ke Manado. Nah ke Ambon ini ya kira-kira sama sih lama perjalanannya, tapi Francine skarang kan udah banyak maunya. Bisa aja tiba-tiba minta jalan, atau tiba-tiba bosen dan nangis kenceng, atau apalah yang gue dan Arie ngga kebayang. Makanya kita bener-bener mikirin apa yang mesti dibawa buat bikin Francine nyaman di pesawat. 

Yang wajib dibawa sih udah pasti buku ya. Gue bawa 2 buku yang Francine suka. Trus gue juga bawa crayon + buku gambar. Sama ngga ketinggalan boneka moo. 

Francine & Moo

Jadwal penerbangan kita pake Garuda itu 8:10-13:50. Sempet ngarep berangkatnya yang tengah malem maksudnya biar lebih enak karna emang jam tidur kan, jadi sampe Ambon itu pagi. Apa daya tiket mitnait lebih mahal. Hehehe. Nah, walau berangkat jam 8, kita dari rumah itu jam 4.30 pagi. Maklum, berangkat sama group dan gue kebagian ngurus tiket pesawat, jadi udah mesti stenbeiii di erpot lebih pagi buat ngurus ina-inu :)))
Francine udah ngga tidur tuh sejak mo naik taksi. Malah nangis soalnya dia liat Omanya ngga ikut. Arie udah kuatir nanti Francine malah cranky karna kurang tidur. Kalo gue sih malah seneng, biar nanti di pesawat dia ngantuk. Lah nyampe di airport Francine malah tambah seneng karna rame ketemu sama wajah-wajah yang dia kenal. Malahan pada ngajak main lari-larian ya tambah senenglah si Francine ;)

Waktu web check-in malemnya, gue udah atur group kita duduknya berdeketan smua. Gue & Arie duduk bertiga sama adik gue dan deret depan belakang juga temen-temen kita. Jadi kalo Francine nangis, setidaknya bukan penumpang ngga dikenal yang melototin gue yekan. Hihihi.


Si Biapong mukanya ngantuk berat

Begitu duduk agak lama nunggu pesawat jalan, bener aja, Francine mulai ngga betah. Kita alihin dengan nunjukin layar di kursi depan kita. Dipencet-pencetlah itu liat-liat gambar. Abis itu buka tutup tray. Nah begitu mo brangkat, traynya kan mesti ditutup, mulai ngambek. Akhirnya keluarinlah si crayon dan buku gambar. Girangnya bukan main liat crayon. Emang sih skarang ini Francine lagi suka banget corat coret. Pokoknya megang bolpen atau pensil, udahlah smua dicoret-coret, termasuk dinding rumah dan seprai di kamar. Hehehe. Ada kali 15 menitan sesudah pesawat terbang si Francine maen crayon. Entah bosen or ngantuk, mulai deh meluk gue, dan bobo. Horreeee... Gue juga ngantuk soalnya, jadi ikutan tidur, skip makan, bangun-bangun mo nyampe Ambon. Hehehe.

Crayon to the rescue ;)

Francine bangunnya pas udah landing. Kira-kira jam 2 siang (waktu Ambon. 2 jam lebih cepet dari jam Jakarta). Jadi kira-kira Francine dan emaknya tidur 3 jam gitu deh. Lumayanlah ya. Bangun-bangun udah seger. Rada deg-deg-an pas pesawat mendarat aja sih... Agak oleng gitu waktu roda pesawat kena landasan. Beberapa orang ada yang spontan (agak) teriak karna kaget. 

Dan akhirnya kita menginjakkan kaki di Tanah Raja-Raja.
Ambon. 


Adik gue trakhir ke Ambon itu 23 tahun lalu 




No comments:

Post a Comment